YPPP Al Muniroh Sukses Gelar Pramuka di Perkemahan Besar MESRA X, Membentuk Karakter dan Sepaket Berkarakter


Gresik, 22 Desember 2023 - Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Al Muniroh (YPPP Al Muniroh) sukses menggelar Perkemahan Besar (MESRA X) selama tiga hari, dimulai dari tanggal 19 hingga 21 Desember 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter dan sepaket berkarakter bagi peserta pramuka YPPP Al Muniroh.

Dalam MESRA X yang memiliki tema "Sepakat Membentuk Karakter dan Sepaket Berkarakter", lebih dari 650 peserta pramuka dari berbagai unit pramuka yang ada di YPPP Al Muniroh turut berpartisipasi aktif dalam serangkaian kegiatan yang diselenggarakan. Seluruh peserta pramuka dari tingkatan MI, MTs, hingga MA SMA dan SMK, ditempatkan di Bumi Perkemahan Al Muniroh Ujungpangkah Gresik 

Berkat kesiapan dan kerjasama seluruh panitia, MESRA X berlangsung dengan lancar dan penuh semangat. Kegiatan dimulai dengan upacara pembukaan yang menghadirkan pejabat dari Kwartir Ranting dan Majelis Pembimbing Pramuka serta pengurus YPPP Al Muniroh. Usai upacara pembukaan, peserta langsung diberikan materi dari narasumber tentang pentingnya membentuk karakter yang kuat dan berkarakter.


Selama tiga hari, peserta MESRA X dilibatkan dalam berbagai kegiatan yang menguatkan karakter mereka, seperti kegiatan kepramukaan, lomba kebersihan, Pentas seni, dan lain sebagainya. Selain itu, kelompok-kelompok kecil juga diberikan tantangan dan tugas-tugas untuk menciptakan kebersamaan, kemandirian, dan kepemimpinan yang kuat.

Kegiatan puncak MESRA X adalah malam keakraban, dimana seluruh peserta berkumpul dalam acara hiburan yang dipenuhi oleh pentas seni dari siswa-siswi YPPP Al Muniroh dan permainan interaktif. Malam keakraban ini merupakan kesempatan bagi para peserta untuk mengenal lebih dekat dan mempererat tali persaudaraan di antara mereka.

Kak Ibad, Ketua Pelaksana MESRA X, menyampaikan kegembiraannya atas keberhasilan acara ini. "Kami merasa sangat bangga dengan kesuksesan MESRA X ini. Seluruh peserta pramuka telah menunjukkan semangat dan antusiasme yang tinggi dalam mengikuti setiap kegiatan yang kami siapkan. Kami berharap, melalui MESRA X ini, karakter dan kepemimpinan mereka semakin terbentuk dengan baik."

Acara ditutup pada tanggal 21 Desember 2023 dengan upacara penutupan yang dihadiri oleh kepala sekolah, Kabid Pendidikan YPPP Al Muniroh, serta orang tua peserta pramuka. Dalam upacara penutupan, dilakukan seremoni pemberian penghargaan kepada peserta yang telah mencapai prestasi dan kesuksesan selama MESRA X berlangsung.

Melalui kegiatan ini, YPPP Al Muniroh berharap dapat melahirkan generasi muda yang memiliki karakter kuat, berintegritas, berkepemimpinan, dan berempati. MESRA X menjadi wadah bagi peserta pramuka YPPP Al Muniroh untuk mengasah keterampilan sosial, kebersamaan, dan kepemimpinan yang akan mengantar mereka pada masa depan yang sukses.

Bagi lebih banyak lembaga pendidikan yang tertarik untuk mengadakan kegiatan serupa, YPPP Al Muniroh siap berkolaborasi dan berbagi pengalaman. Melalui kegiatan seperti MESRA X, diharapkan generasi muda Indonesia semakin kuat, cerdas, dan siap menghadapi tantangan global di masa depan.



Komentar